Biasanya di bulan Safar orang-orang sering melakukan ibadah ritual tertentu khusus untuk menghindarkan dari segala bencana yang akan menimpa. Ini dikarenakan bulan Safar  identik sering turunnya bala dari Allah SWT. Ibadah ritual tersebut bisa dengan amalan membaca Ayat-ayat Alquran maupun  melakukan shalat sunat untuk menolak bala.
Salah satu yang dapat diamalkan adalah dengan membaca Surah Yasin  Ayat 58 yang bacaannya sebagai berikut :
سلم  قو لا من ر ب ر حيم ( يس  : ٥٨ )

artinya : "Selamat, dirgahayu" Itulah ucapan selamat dari Tuhan yang Maha Penyayang".
Ayat yang diterjemahkan salam keselamatan kepada mereka dari Tuhan yang Maha Kuasa, yang dibacanya tidak cuma sekali melainkan hingga 313 kali.Maksudnya sebagai pengunci sesuatu atau hal negatif yang akan terjadi, terutama di Arba mustakmir atau Rabu terakhir di bulan safar (turunnya 320 bala) yang  dinggap bulan panas  atau  kena sial dan macam marabahaya, sering terjadi bencana dan musibah.Amalan-amalan ini biasa dilakukan di langgar atau mushalla semisal sehabis shalat subuh berjamaah, dan dilanjutkan dengan peribadatan lain dan doa tolak bala untuk mendapatkan keselamatan dari segala bala musibah yang akan menimpa.

Surah Yasin adalah hatinya Al-quran, dan salamun qaulam mirabbir rahim adalah hatinya. Banyak manfaat yang di dapat  dari mengamalkannya secara  rutin, tidak hanya saat arba mustakmir, melainkan sudah menjadi amalan sehari - hari kita.

0 Comments:

Post a Comment